Direktur Kearsipan Wilayah Sulawesi dan NTB Berkunjung Ke Kab. Sidrap

  • Whatsapp

Sidrap, titikjurnal.com-Direktur Kearsipan Daerah I (Wilayah Sulawesi dan NTB), Muhammad Sumitro, berkunjung ke Kabupaten Sidenreng Rappang, Kamis (14/10/2021).

Dalam kunjungan itu, Sumitro bertemu dengan para kepala SKPD lingkup Pemkab Sidrap, di Kafe Hadide Pangkajene. Agenda pertemuan, seputar pembinaan kearsipan, penguatan kelembagaan dan sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Berita Lainnya

Pertemuan dibuka Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidrap, Hj. Wahida Awi.

Sudirman Bungi berharap dengan kehadiran Direktur Kearsipan tersebut, mendorong pengelolaan kearsipan yang lebih baik di Kabupaten Sidrap.

“Mudah-mudahan ini bisa menyemangati kita untuk mewujudkan sistem pengelolaan, baik dari aspek manajemen pengelolaan kelembagaan dan teknologi pengelolaan kearsipan,” katanya.

Sudirman menuturkan, Sidrap juga tak mau kalah dengan daerah lain dalam hal pengelolaan arsip.

“Untuk itu tentu Kami butuh arahan, bimbingan dan pencerahan dari Bapak Direktur seperti apa pengelolaan kearsipan itu,” tandasnya.

Sementara Muhammad Sumitro mengatakan arsip mempunyai peran penting dalam pemerintahan. “Arsip membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan melaksanakan kegiatan. Ketika ada kegiatan, di situlah arsip tercipta” katanya.

Lebih jauh ia mengutarakan, banyak kejadian di mana sebenarnya pejabat tidak melakukan kesalahan atau tindak pidana, tapi karena bukti atau arsip kegiatannya tidak ada atau tidak lengkap sehingga ditafsirkan salah atau merugikan negara.

“Padahal sudah dilaksanakan, tapi tidak ada buktinya, maka bermasalah dengan hukum, karena hukum itu bicara bukti. Kehadiran arsip memberi kenyamanan dan keamanan kepada pejabat untuk melaksanakan kegiatan“ terangnya.

Sumitro juga menerangkan, arsip dikenal ada dinamis dan statis. Arsip dinamis itu ada aktif, inaktif dan vital, sementara arsip vital terkait dengan aset.

“Target kami tertib aset di setiap SKPD, agar SKPD lancar melaksanakan kegiatannya ketika mengambil keputusan, dan ketika memberikan pelayanan,” tandasnya.

Berita Terkait