Dinsos Sidrap Apresiasi Kepedulian Masyarakat Kepada Sesama

  • Whatsapp

Sidrap, titikjurnal.com-Dinas Sosial Kabupaten Sidrap mengapresiasi keprihatinan dan kepedulian masyarakat atas kondisi pasangan lanjut usia Abdullah (62 tahun) dan Rosmini (57 tahun) yang sakit dan tinggal di rumah tak layak huni.

Namun di sisi lain, pihak Dinsos Sidrap menyampaikan jika pasangan lansia warga Kelurahan Uluale, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap tersebut, selama ini mendapat perhatian tinggi dari pemerintah.

Berita Lainnya

Hal tersebut diutarakan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sidrap, Hj. Nurhidayah, Ahad (5/6/2022).

Dipaparkannya, pasangan lansia tersebut merupakan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan, serta penerima program Atensi Kemensos tahun 2021.

“Sementara anaknya, atas nama Armini yang tinggal serumah dengan kedua lansia, tercatat sebagai penerima PKH (Program Keluarga Harapan) balita dan anak usia sekolah,” imbuh Nurhidayah.

Ia juga mengungkap, petugas kesehatan sudah memantau kondisi kedua lansia dan merekomendasikan untuk dirawat di RSU di Pangkajene, ibukota Kabupaten Sidrap.

“Alasannya alat pemeriksaan kesehatan di sana lebih lengkap. Namun pihak keluarga meminta agar dirawat di puskesmas yang lebih dekat dengan rumahnya,” ucap Nurhidayah.

Dinas Sosial Sidrap sendiri telah melakukan asesmen ke kediaman Abdullah dan Rosmini. Selain Nurhidayah, asesmen melibatkan Sekretaris Dinsos, H. Andi Bahari Parawansa, Pekerja Sosial, Megawati, dan Pendamping TKSK, Ira.

Merka juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Watang Pulu dan Pemerintah Kelurahan Uluale terkait pengusulan ke Baznas untuk bedah rumah.

“Selain itu Dinas Sosial sudah melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan untuk dilakukan pemberian layanan kesehatan,” lanjut Nurhidayah.

Srlain itu, kata Nurhidayah, Dinas Sosial memberikan penguatan keluarga agar mau membawa dan mendampingi kedua lansia mendapatkan pemeriksaan di RS.

“Ini untuk memastikan kondisi kesehatan Pak Abdullah dan istri, dan pekerja sosial siap mendampingi,” tandasnya.

Berita Terkait