Kadis Kominfo Sidrap Harap Peran ORARI Sukseskan Pesta Demokrasi Mendatang

  • Whatsapp

Sidrap,titikjurnal.com-Keberadaan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) diharapkan bisa mendukung penuh pemerintah dalam pembangunan, termasuk menyukseskan pesta demokrasi yang akan datang.

Demikian disampaikan Kadis Kominfo, H. Bachtiar saat mewakili Bupati Sidrap membuka kegiatan Sidrap Amateur Radio Eye Ball Qso Party 4″ 2023 di Taman Usman Isa Pangkajene, Sabtu (9/12/2023).

Berita Lainnya

Bachtiar mengatakan, telekomunikasi cakupannya sangat luas, tidak hanya soal internet dan jaringan sekala besar, tapi juga mencakup peran radio amatir.

“Dan sudah diatur dalam undang-undang bahwa ORARI diarahkan untuk membantu pemerintah dalam pembangunan, baik pusat, provinsi hingga kabupaten/kota,” terangnya.

Karenanya, kata Bachtiar, peran ORARI juga sangat dibutuhkan dalam menyukseskan pesta demokrasi baik itu pemilihan legislatif, presiden, hingga pemilihan kepala daerah.

Dikatakannya, masih terdapat wilayah tertentu yang saat ini masih blank spot atau tidak mendapat akses sinyal. Sehingga membatasi pengguna layanan internet maupun seluler untuk melakukan komunikasi.

“Bayangkan di pelosok desa tersebut apabila tidak dapat menggunakan layanan telekomunikasi, sementara alat telekomunikasi sangat dibutuhkan dalam mempercepat proses pengantaran surat sah suara. Keberadaan anggota ORARI di pelosok desa itu bisa dimanfaatkan,” tuturnya.

Diungkapkannya lebih jauh, kondisi saat ini menghadapi perkembangan industri 5.0 yang mana semua industri-industri akan dikerjakan oleh mesin. Olehnya itu, Bachtiar mengharapkan anggota ORARI agar memanfaatkan potensi yang ada.

“Secanggih cangginya teknologi pasti ada titik kelemahan, kelemahan inilah yang bisa dimanfaatkan anggota ORARI untuk membantu pemerintah. Termasuk pada titik-titik blank spot tadi, di sini dapat dimaksimalkan keberadaan anggota ORARI sebagai mitra dalam membantu pemerintah di setiap lini,” pesannya.

Di akhir sambutannya, Bachtiar mewakili Bupati Sidrap juga berpesan kepada anggota ORARI dalam berkomunikasi dapat selalu menggunakan bahasa yang sopan dan beretika.

“Pesan bupati kepada anggota ORARI agar senantiasa menggunakan bahasa yang santun, sopan, berkualitas dan mendidik dalam menghadapi gejolak-gejolak yang bisa saja terjadi di masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi sehingga nantinya dapat tercipta situasi yang kondusif,” tutupnya.

Sementara, Ketua ORARI Lokal Sidrap, Anwar Halim YC8ELT mengatakan tujuan kegiatan dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi antara anggota ORARI.

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi sekaligus saling berbagi pengalaman antara anggota ORARI,” terangnya.

Acara dilajutkan pelepasan secara simbolis pesarta lomba Sidrap Amateur Radio Eye Ball Qso Party 4″ 2023.

Kegiatan lomba di antaranya Mobil ARDF, Walking ARDF, Salom Tes Eye Ball QSO serta Atari dan Senam Sehat dan berlangsung 9-10 Desember 2023.

Acara dihadiri Wakil Ketua DPRD Sidrap, Andi Sigiarno Bahri, Danramil 1420-03/Maritengngae Kapten Cpl Junarman, Kasi Humas Polres Sidrap, AKP Suwandi, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Sidrap, Uznul Alim.

Turut hadir Kabid Persandian Kominfo, Amsir, Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub, Arief Sirajuddin, Lurah Pangkajene, Iwan Darmawan dan perwakilan ORARI Sulsel serta anggota ORARI Lokal Sidrap dan peserta lomba.

Berita Terkait